Cek Fakta: Budaya Syahri Dikabarkan Terdapat di Uang Baru Khusus HUT RI Pecahan Rp 75.000

- 18 Agustus 2020, 13:54 WIB
Pecahan uang kertas Rp 75.000 edisi khusus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.
Pecahan uang kertas Rp 75.000 edisi khusus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. /Dok. Bank Indonesia

PR CIANJUR - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75, Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan uang baru pecahan Rp 75.000.

Uang baru itu diterbitkan khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Namun, di tengah peredaran uang baru tersebut, banyak informasi yang beredar di tengah masyarakat.

Belakangan ini tersiar kabar di platform media sosial Facebook yang mengklaim bahwa uang baru pecahan Rp 75.000 tersebut terdapat budaya syahri yang digambarkan pada halaman belakangnya.

Baca Juga: Viral Aksi Nekat Tenaga Honorer Panjat Tiang Bendera saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Dikutip Pikiranrakyat-Cianjur.com dari laman Mafindo pada Selasa, 18 Agustus 2020, kabar tersebut merupakan informasi hoaks.

Sebelumnya, informasi hoaks tersebut disebarluaskan oleh salah satu pemilik akun Facebook bernama Radith. Dia menganggap bahwa di uang baru tersebut ada budaya syahri.

Pemilik akun itu mengunggah foto uang baru pecahan Rp 75.000 dan melingkari dengan garis merah pada salah satu gambar orang yang terdapat dalam uang tersebut.

Bersamaan dengan unggahan foto itu, pengunggah juga menuliskan narasi sebagai berikut.

"Mata gw yg halu apa gimana ya..? itu koq ada budaya syahri di mata uang edisi khusus hari kemerdekaan indonesia, mewakili daerah mana ya..?."

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x