Harga BBM Bakal Naik? Minyak Mentah Asia Melonjak Antisipasi Rendahnya Persediaan AS

- 8 Juni 2022, 16:53 WIB
Harga Minyak Mentah Asia melonjak akibat persediaan di Amerika Serikat menipis.
Harga Minyak Mentah Asia melonjak akibat persediaan di Amerika Serikat menipis. /Tass/

 

JENDELA CIANJUR - Harga bahan bakar minyak (BBM) dikhawatirkan mengalami kenaikan seiring terjadinya lonjakan lebih tinggi di sesi Asia pada Rabu sore, 8 Juni 2022.

Lonjakan harga itu terjadi untuk mengantisipasi laporan persediaan minyak AS yang rendah, sementara ekspektasi permintaan yang kuat di musim mengemudi mendatang juga memberikan dukungan.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus terangkat 40 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 120,97 dolar AS per barel pada pukul 06.49 GMT setelah ditutup pada Selasa (7 Juni 2022) di level tertinggi sejak 31 Mei.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli diperdagangkan di 120,01 dolar AS per barel, naik 60 sen atau 0,5 persen, setelah mencapai penyelesaian tertinggi sejak 8 Maret di sesi sebelumnya.

Para analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan data untuk minggu lalu menunjukkan penarikan lain dari persediaan minyak mentah AS, meskipun stok bensin dan sulingan bisa naik lebih tinggi.

Baca Juga: BOCORAN Sinetron Ikatan Cinta Rabu 8 Juni 2022, Ricky Beberkan Bukti Test DNA Keisha Pada Andin!

"Pasar minyak diperkirakan akan tetap ketat karena sisi pasokan akan terus menceritakan kisah tentang persediaan yang rendah. Persediaan minyak mentah kemungkinan akan mencatat lebih banyak penarikan karena musim mengemudi dan liburan memanas," kata analis OANDA Edward Moya dalam sebuah catatan.

Namun angka dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah dan produk minyak AS naik minggu lalu.

Badan Informasi Energi AS (EIA) akan melaporkan tingkat stok minggu lalu pada Rabu pukul 14.30 GMT.

Halaman:

Editor: Gugum Budiman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x