Manfaat Menulis untuk Kesehatan Tubuh, Mulai dari Merangsang Otak hingga Aktivitas Relaksasi

- 22 Februari 2021, 16:19 WIB
Ilustrasi menulis. /Pixabay.com/Raphaël Jeanneret

PR CIANJUR – Menulis adalah aktivitas reflektif setelah kita membaca buku, artikel, novel, puisi, dan karya tulis lainnya.

Tentunya, menulis berkaitan erat dengan suasana batin seseorang. Bisa saja menurut orang lain tulisannya biasa saja, namun bagi dirinya sendiri tulisan tersebut sangatlah berarti.

Menulis untuk menghasilkan suatu karya tulis dalam berbagai bentuknya ternyata memiliki kebermanfaatan bagi kesehatan tubuh kita sehari-hari. Apa sajakah itu?

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Tidak Dapat Mengirim Pesan, Jika Tak Setuju dengan Kebijakan Privasi Baru Ini

Berikut ini Pikiranrakyat-Cianjur.com sajikan manfaat menulis sebagaimana disitat dari Lifehack.

Pertama, merangsang aktivitas otak di pagi hari. Sebagian pekerja maupun pelajar pasti memiliki tenggang waktu masing-masing untuk mulai bisa fokus dan produktif sebelum melakukan sesuatu hari itu. Dalam kalimat lain, “memanaskan otak terlebih dahulu”, seperti halnya mesin motor atau mobil.

Menulis adalah satu cara merangsang otak untuk mulai beraktivitas. Ambil sehelai kertas, dan mulai tuliskan berbagai hal yang ada dalam pikiran saat itu juga. Sebenarnya, ini lebih ke latihan memfokuskan pikiran dan apa yang akan dilakukan pada hari tersebut. Mudah, kan?

Baca Juga: Fakta Menarik yang Terkandung Dalam Kopi Giling: Anda Jangan Terkejut!

Kedua, ketika bangun di pagi hari, usahakan setelah membereskan tempat tidur segera langsung mempraktikkan aktivitas menulis. Tidak perlu terlalu formal dalam menuliskan apa yang akan diungkapkan.

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: LifeHack


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X