Suka Berdebat? Simak Beragam Manfaat Debat Menurut Para Ahli

- 22 Februari 2021, 19:59 WIB
Ilustrasi debat. /Geralt/Pixabay

PR CIANJUR – Diskusi merupakan aktivitas yang kerap dilakukan saat sedang menjalankan roda organisasi, kepanitiaan, maupun komunitas.

Diskusi adalah aktivitas mengeluarkan gagasan, bertukar sudut pandang, dan juga melatih untuk berani mengemukakan pendapat.

Masalah terjadi ketika diskusi yang berlangsung menjurus kepada pertentangan antar ide atau gagasan tersebut kemudian terjadi suatu kondisi yang disebut dengan perdebatan.

Baca Juga: Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh, Mulai dari Melepas Penat hingga Bantu Ciptakan Tidur yang Berkualitas

Berdebat adalah aktivitas mempertentangkan berbagai ide dan gagasan berbeda baik itu dalam suatu forum ilmiah, rapat organisasi, maupun rapat kepanitiaan suatu penyelenggaraan acara.

Dilansir Pikirankrakyat-Cianjur.com dari American Debate League, berdebat melatih otak untuk berpikir secara kritis, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan juga kepedulian sosial terhadap sesama umat manusia.

Ditambah, menurut penuturan Arne Duncan, salah seorang pejabat di Kementerian Pendidikan Amerika Serikat berdebat dapat meningkatkan kesiapan menuju jenjang pendidikan lebih tinggi serta meraih kesuksesan dalam kehidupan.

Baca Juga: Dibintangi Song Joong Ki, Drama 'Vincenzo' Dapat Rating Tinggi untuk Episode Keduanya

Di samping itu, berdebat dapat meningkatkan kemampuan lisan maupun tulisan dalam melakukan komunikasi. Lalu, tentu saja meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: American Debate League


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X