Perhatian! Pakar Kesehatan Paparkan Penyebab dan Cara Pencegahan Kanker Paru Sejak Dini

- 5 Februari 2021, 17:23 WIB
Ilustrasi kanker paru-paru. /Pixabay/Hatice Erol.

PR CIANJUR – Para pakar kesehatan mengingatkan masyarakat perihal gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi penyebab utama adanya penyakit kanker paru.

Seperti dilansir Pikiranrakyat-Cianjur.com dari Antara, menurut Dokter Kasum Supriadi, terlalu sering mengonsumsi junk food, kebiasaan merokok, alkohol, serta kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab utama penyakit kanker paru.

Dokter spesialis paru tersebut juga menambahkan, perubahan gen atau adanya mutasi DNA terkait faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab yang cukup berisiko. Keduanya perlu diwaspadai.

Baca Juga: Chelsea Menang Tipis 1-0 dari Tottenham Hotspur, Thomas Tuchel Jawab Tantangan dari Jose Mourinho

Jika ada bagian anggota keluarga yang terdiagnosis kanker paru, sebaiknya anggota keluarga lainnya juga harus melakukan pemeriksaan. Hal ini untuk mendeteksi gejala kanker sedini mungkin.

Dokter spesialis paru dari RS Premier Jatinegara juga mengatakan sel tumor yang terdapat pada saluran pernapasan, parenkim paru atau pembungkus paru ini bisa menjadi alasan dari diagnosa kanker paru.

Ada beberapa rangkaian yang harus dilakukan pada saat mendeteksi kanker parau; wawancara dengan pasien, pemeriksaan fisis, pemeriksaan penunjang yang meliputi pemeriksaan dahak, biopsi jaringan paru, foto rontgen dada, CT scan zat kontras.

Baca Juga: Mulai dari Tingkatkan Sistem Imun Tubuh hingga Melancarkan Pencernaan, Inilah 10 Manfaat Konsumsi Buah Jeruk

Apabila serangkaian proses pemeriksaan sudah dilakukan, lalu pasien dinyatakan mengidap kanker paru, maka dokter spesialis paru harus cepat melakukan tindakan medis yang sesuai.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X