Belajar Tidak Efektif, Disdikbud Cianjur: Pelajaran Daring Kurang Efektif Untuk Daya Baca Siswa

- 4 Maret 2021, 07:50 WIB
Ilustrasi daring /Pixabay.com/Gerd Altmann

PR CIANJUR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menegaskan untuk melakukan kunjungan rumah bagi para pendidik tingkat Sekolah Dasar (SD).

Terutama, untuk siswa-siswi yang baru masuk ke jenjang SD. Khawatir mereka masih mengalami kesulitan membaca apalagi menulis.

"Mayoritas siswa yang kesulitan membaca ataupun menulis kelas I SD di Tahun Ajaran 2020-2021 karena sejak awal tahun ajaran, mereka tidak mendapatkan pembelajaran langsung, sedangkan pelajaran daring kurang efektif untuk meningkatkan daya baca dan tulis siswa," kata Pejabat Sementara Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, Himam Haris, Selasa 2 Maret 2021.

Baca Juga: Apa Bedanya Sesak Nafas Terkena Asma dan Covid-19? Berikut Penjelasannya

Di Tahun Ajaran Baru 2020/2021, siswa-siswi tingkat SD di Cianjur mencapai angka 1.230 orang, dengan rata-rata 30 orang siswa-siswi di masing-masing sekolah mengalami kesulitan kemampuan literal berupa membaca.

Dilansir Pikiranrakyat-Cianjur.com dari Antara, kemampuan literal membaca akan lebih efektif jika belajar secara tatap muka. Sekarang ada sekitar 32 ribu siswa-siswi baru tingkat SD di Cianjur yang mengalami kesulitan dalam hal kemampuan literal mendasar itu.

Sementara itu, peran orang tua di rumah dinilai tidak maksimal dalam membimbing anak-anaknya. Sehingga, anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru mereka.

"Kami mengimbau semua sekolah agar gurunya melakukan kunjungan ke kelompok siswa, terutama untuk siswa kelas I SD yang baru masuk, agar siswa mendapatkan pembelajaran secara maksimal. Meski masih di tengah pandemi kualitas pendidikan Cianjur masih stabil, tidak mengalami penurunan," ucap Himam Haris.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Cristiano Ronaldo Setelah Juventus vs Spezia, Salah Satunya Berhubungan dengan Lionel Messi

Halaman:

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X