Pelayanan Buruk Perusahaan Jasa Pengiriman Logistik Anteraja Yogyakarta. (Sudah Ditanggapi Anteraja)

Saya Ulul Azmi, salah satu orang yang aktif melakukan pembelian secara online, sehingga saya juga sering berhubungan dengan jasa pengiriman logistik seperti Anteraja. Berbagai pembelian sudah saya lakukan dengan proses yang lancar dan memuaskan, proses pengiriman juga berjalan dengan lancar. Namun, berbeda dengan pembelian yang saya lakukan tanggal 29 Oktober 2020. Kali ini terdapat sedikit kekeliruan terhadap identifikasi alamat yang dituju. Kekeliruan terjadi karena saya menggunakan pendeteksi otomatis dari aplikasi pemesanan tersebut, posisi saya saat itu sebenarnya sedang berbeda dengan alamat yang dituju.

Pada 1 November 2020 pesanan saya sudah tiba di Yogyakarta, kemudian saya menerima panggilan. Panggilan tersebut berasal dari nomor yang tidak dikenal. Ternyata itu adalah salah satu kurir yang hendak mengantarkan paket tersebut ke lokasi saya. Beliau menanyakan bahwa “Apakah alamat yang tertera sudah sesuai?”. Saya hanya menjawab bahwa alamat tersebut sudah berdasarkan deteksi langsung secara online terhadap lokasi saya saat itu. Maka beliau kembali menanyakan “Sebenarnya alamatnya ini berada di jalan apa dan nomor rumahnya berapa?” lantas saya menjawab bahwa rumah yang dituju adalah rumah nomor 9 di Perumahan Y, Condong Catur, Yogyakarta. Lalu beliau mengatakan bahwa alamat itu tidak sesuai dengan apa yang tertera pada paket tersebut. Kemudian beliau kembali menanyakan “Rumahnya nomor berapa?”. Saya telah menjawab nomor sembilan, namun kurir tersebut kembali bertanya dengan nada tinggi yang seakan kesal sebab alamat yang dituju tidak sesuai dengan lokasi pengiriman. Lalu mendengar kurir tersebut berbicara dengan nada yang tidak enak sembari menanyakan “Nomornya kan ada hurufnya Mas, A atau B?”, maka saya pun merasa kecewa dengan feedback yang diberikan oleh seorang kurir.

Seorang kurir seharusnya dapat lebih ramah kepada konsumen yang hendak menerima pesanan mereka. Sebab sebagaimana konsepnya bahwa pembeli atau konsumen adalah raja, bukan berarti konsumen dapat bertindak seenaknya tetapi tetap harus dihormati. Kekecewaan tersebut timbul karena dalam berbagai aktivitas saya pada proses belanja online belum pernah mendapat respon tidak enak dari seorang kurir. Akan tetapi, saya memaklumi bahwa dikarenakan ketidaksesuaian alamat dapat membuat seseorang kesal, namun saya tetap menyampaikan keluhan ini agar kedepannya para kurir dari Anteraja dapat bersifat lebih ramah kepada konsumen, sehingga konsumen pun dapat dengan senang hati dan merasa puas dengan jasa atau pelayanan yang diberikan oleh pihak Anteraja. Semoga keluhan ini dapat segera ditanggapi oleh pihak manajemen Anteraja, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik untuk kedepannya. Terima kasih.

x