Tahun Ini, Pertumbuhan Ekonomi di Jabar Diprediksi Masih Moncer Tumbuh 5 Persen

- 8 Februari 2022, 17:06 WIB
Bank Indonesia Jabar
Bank Indonesia Jabar /Arlad/

JENDELA CIANJUR---Walaupun di tengah gempuran varian omicron, tapi perkonomian di Jabar masih cukup menjanjikan. Menurut Kepala BI Jawa Barat, Herawanto, pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2022 ini diprediksi masih cukup optimis. Pada 2022, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,0%-5,8% (yoy).

Herawanto mengatakan, optimistis ini terutama didukung oleh perbaikan permintaan domestik dan masih besarnya potensi perbaikan kinerja ekspor dan investasi.

"Geliat perbaikan ekonomi pada awal tahun 2022 telah nampak pada beberapa indikator dini seperti Indeks Keyakinan Konsumen di Jawa Barat sebesar 105,66 dan Prompt Manufacturing Index triwulan I 2022 yang sebesar 59,0," ujar Herawanto di acara media briefing “Perekonomian Jawa Barat 2021 dan Prospek 2022”, Selasa (8/2).

Baca Juga: Terungkap! Ini Motif Mantan Suami Bunuh Guru SD Tilil 032

Menurutnya, optimalisasi perekonomian Jawa Barat di 2022 juga, ditopang oleh kinerja infrastruktur. Antara lain Jalan Tol Cisumdawu dan BIJB sebagai hub logistik. Selain itu, potensi perekonomian Jawa Barat ke depan juga menunjukkan optimisme sejalan dengan didorongnya inklusivitas ekonomi dengan pembangunan Jabar Utara dan Jabar Selatan.

Sehingga, kata dia, peluang investasi masih terbuka lebar, baik proyek strategis nasional (PSN) seperti Pelabuhan Patimban, Bendungan Cipanas, maupun investasi swasta seperti pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) dan pengembangan industri kendaraan listrik.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Guru SD Tilil 032 di Bandung di Duga Telah Merencanakan Aksi Kejinya

"Selain itu, masih tingginya peluang sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang semakin mengimplementasikan green economy, yang sekaligus merupakan salah satu agenda penting pada G-20 2022," paparnya.

Sementara pada pada triwulan IV 2021, kata dia, Perekonomian Jabar mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 6,21% (yoy). Angka ini, meningkat dibandingkan triwulan III 2021 yang tumbuh sebesar 3,43% (yoy).

Angka pertumbuhan tersebut juga, kata dia, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,02% (yoy). Perbaikan ekonomi Jawa Barat yang luar biasa ini, terutama didorong oleh peningkatan permintaan global maupun domestik yang mendongkrak kinerja produksi sektor utama, khususnya sektor industri pengolahan serta ekspor.

Halaman:

Editor: Arlad


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x