Konser BTS Diprediksi Bisa Datangkan Lebih dari Rp 11,6 Triliun untuk Korea, Ini Sebabnya

- 20 April 2022, 14:30 WIB
Konser BTS diprediksi akan membawa lebih dari Rp 11,6 triliun untuk ekonomi Korea Selatan.
Konser BTS diprediksi akan membawa lebih dari Rp 11,6 triliun untuk ekonomi Korea Selatan. /Twitter/bts_bighit/

JENDELA CIANJUR - Konser BTS ternyata berdampak signifikan dalam mendongkrak sektor perekonomian Korea Selatan.

Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea memprediksi, kembalinya Konser BTS di Korea Selatan dapat membawa lebih dari 1 Triliun Won Korea (KRW) atau lebih dari Rp 11,6 triliun untuk perekonomian Korea Selatan.

Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea merilis laporan yang merinci peningkatan ekonomi yang diharapkan dapat dibawa oleh konser BTS ke negara itu selama era pasca-Corona.

Baca Juga: Bias Sejuta Umat, Jin BTS Bikin ARMY Tidak Bisa Berpaling dari Suara dan Visualnya

Laporan tersebut memperkirakan total efek ekonomi dari konser BTS, mulai dari tiket konser, penjualan merchandise, tiket pesawat dan transportasi, serta biaya perjalanan bagi wisatawan yang memilih untuk mengunjungi Korea Selatan untuk menghadiri konser BTS.

Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea berasumsi bahwa konser BTS akan diadakan selama tiga hari di tempat yang dapat menampung setidaknya 65.000 penonton seperti Stadion Olimpiade Seoul atau Stadion Piala Dunia Seoul.

Jika hanya 20% dari peserta konser adalah pengunjung asing, dampak ekonominya akan membawa 620 miliar KRW (sekitar $500 juta USD) ke perekonomian negara.

Baca Juga: BUKAN Lagi Song Joong Ki - Kim Ji Won, 2 Aktor Ini Ditawari Peran Utama Arthdal Chronicle 2

Tetapi jika 35% penonton adalah pengunjung asing, jumlah itu meningkat menjadi 920 miliar KRW (sekitar $742 juta USD) dan jika persentase orang asing mencapai 50%, 1,22 triliun KRW (sekitar $984 juta USD) akan dibawa ke dalam perekonomian.

Halaman:

Editor: AR Rachmawati

Sumber: Koreaboo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x