4.227 KPM Terima Dana PKH, Begini Penjelasan Pendamping Sosial Karangtengah Adah Aliyah

- 4 Maret 2022, 11:31 WIB
KPM Desa Sukajadi Karangtengah Cianjur mendapatkan dana dari Program Keluarga Harapan
KPM Desa Sukajadi Karangtengah Cianjur mendapatkan dana dari Program Keluarga Harapan /Deni Abdul Kholik

Jendela Cianjur – Sebanyak 4.227 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur menerima dana Program Kelaurga Harapan (PKH). KPM menerima dana PKH bervareatif karena disesuaikan dengan komponen.

Pendamping Sosial Desa Sukajadi Karangtengah Adah Aliyah menerangkan, jumlah KPM penerima PKH sebanyak 4.227 orang, jumlah itu dari 16 desa.

Baca Juga: Masyarakat Cianjur  Dihimbau untuk Waspada Cuaca Tidak Bersahabat, Begini Penjelasan Sekdis BPBD Rudi Wibowo

 “Untuk nominal 1 KPM bisa mendapatkan Rp 225 ribu sampai 2 juta, tergantung jumlah komponen yang didapat,” katanya Jumat 4 Maret 2022.

Menurut Aliyah, ada 3 komponen untuk mendapatkan bantuan PKH. Pertama komponen pendidikan untuk biaya anak sekolah, kedua komponen kesehatan untuk ibu hamil, nifas, dan balita, dan ketiga komponen kesejahteraan sosial bagi lanjut usia (lansia), dan disabilitas.

Tugas pendamping, kata Aliyah ikut memonitoring pencairan di agen brilink terdekat bersama Babinkamtibmas di masing masing desa. “Kita juga pastikan pecairan sesuai dengan aturan yang ada,” paparnya.

Aliyah menerangkan, khusus di Desa Sukajadi sebagai dampingannya, ada 317 KPM yang menerima program PKH. Pencairannya ada 2 termin. Termin 1 sebanyak 304 orang dan ke 2 13 orang.

Sementara itu, Liawati (28), KPM Desa Sukajadi mengaku sudah mendapatkan progam PKH . Ia mendapatkan 2 komponen yaitu pendidikan sekolah dasar (SD) dan lanjut usia (lansia). “Alhamdulillah saya bisa membeli keperluan anak sekolah dan orang tua terlindungi kesehatannya,” imbuhnya.***

Editor: Deni Abdul Kholik


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x