Hasil Survey: Persaingan E-Commerce Indonesia Makin Ketat, Ini Dia Jawaranya

- 4 Februari 2022, 09:30 WIB
Hasil riset Ipos menunjukkan, Shopee menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia.
Hasil riset Ipos menunjukkan, Shopee menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia. /Ipos

JENDELA CIANJUR - Akhir tahun menjadi momentum besar bagi e-commerce untuk sebesar-besarnya menarik minat konsumen.

Pasalnya, saat ini akhir tahun sudah menjelma menjadi salah satu puncak dari transaksi e-commerce.

Masyarakat berlomba-lomba menggunakan kesempatan akhir tahun untuk berbelanja melalui e-commerce, seiring dengan kian maraknya promosi yang dilakukan sejumlah e-comemrce, termasuk marketplace, seperti Shopee.

Baca Juga: Ridwan Kamil Berkumpul dengan Tokoh Sunda di Jakarta, Terkait Pilpres?

Ini membuat periode akhir tahun juga menjadi momentum emas bagi e-commerce untuk meningkatkan data saing, dengan menghadirkan rangkaian inovasi, fitur, hingga penawaran menarik bagi konsumen.

Kondisi ini mendorong Ipsos, perusahaan riset pasar atau market research global yang ada di Indonesia, merilis hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir 2021.

“Dalam survei ini, kami menggunakan 4 indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” kata Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma.

Baca Juga: Bukan BTS Jika Tak Begini, Lagi-Lagi Bikin Sejarah, Ini yang Terbaru

Berdasarkan hasil survei, di antara 3 pemain utama e-commerce di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Halaman:

Editor: AR Rachmawati


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x