Meski Sudah Musim Hujan, Permintaan Air Bersih di Cianjur Masih Tinggi

- 26 November 2019, 17:28 WIB
Krisis Air Bersih

CIANJUR, (PR)- Permintaan air bersih di sejumlah wilayah di Cianjur masih cukup tinggi setiap harinya. Walaupun hujan sudah turun di beberapa daerah, tapi kebutuhan air bersih dinilai masih sangat signifikan karena masyarakat masih menghadapi krisis air.

Direktur Utama PDAM Tirta Mukti Cianjur, Budi Karyawan mengatakan, hujan saat ini belum terjadi secara merata di seluruh daerah.

Sehingga daerah yang dilanda kekeringan pun masih kesulitan memenuhi kebutuhan air. Setidaknya, dalam sehari ada beberapa permintaan pasokan air bersih di sejumlah lokasi.

Baca Juga: BMKG Cianjur Pasang 16 Alat Deteksi Gempa

”Terakhir ada permintaan air bersih untuk di Cugenang, Ciranjang, dan Bojongpicung juga. Kami kirimkan sekitar tiga tangki mobil. Memang ada hujan di sana, tapi fenomenanya belum merata makanya tetap ada permintaan air,” ujar Budi, Selasa 26 November 2019.

Ia mengatakan, kondisi yang terjadi di Cianjur cukup unik, beberapa daerah relatif mudah kekeringan tapi juga kebanjiran.

Dengan kata lain, saat kemarau panjang air mudah mengering, tapi banjir bisa cepat melanda ketika hujan turun.

Baca Juga: Minimnya Fasilitas untuk Difabel Sulitkan Akses Sarana dan Pelayanan

Hal itu, sedikit banyak dikarenakan adanya kerusakan alam. Bahkan, wilayah yang berada di pinggiran Gunung Gede juga kesulitan air bersih.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Terkini

Pikiran Rakyat Media Network

X