Kenali Kanker Payudara Sedini Mungkin, Berikut Penuturan Menurut Ahli Bedah di Indonesia

- 21 Februari 2021, 09:10 WIB
Ilustrasi kanker payudara. /Freepik/

PR CIANJUR – Mendeteksi kanker payudara sejak dini sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk tingkat bertahan hidup dan kesembuhan bagi penderitanya.

Selain itu, mendeteksi kanker sejak dini bisa berpengaruh terhadap sosial ekonomi karena mayoritas pengidapnya di Indonesia adalah kelompok usia produktif.

HERS2-positif merupakan faktor agresivitas sel kanker payudara yang diasosiasikan dengan tingkat kesintasan yang rendah.

Baca Juga: Boruto Chapter 55 Kurama Tewas, Tagar 'Kurama' dan 'Borutobeban Puncaki Jajaran Trending di Twitter

Sebuah studi menunjukkan penanganan kanker payudara HERS2-positif yang optimal pada stadium dini dapat menurunkan risiko kematian dibanding kemoterapi saja.

Dokter dari Penghimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia, dr. Sonar mengatakan tujuan dari pengobatan kanker pada stadium dini semata hanya untuk mengontrol penyakit.

Selain itu, ia juga melihat kuratif untuk bisa mencapai kesembuhan hingga pasien dapat menjalani kehidupannya secara produktif.

Seperti dilansir Pikiranrakyat-Cianjur.com dari Antara, dr. Sonar mengatakan bahwa saat ini ada salah satu terapi yang terbukti pada kanker payudara HERS2-positif stadium dini.

Baca Juga: Jabodetabek Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Selama Februari dan Maret, BMKG Sampaikan Peringatan Dini 

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X