18.541 Orang Daftar SNMPTN 2022 ke Universitas Indonesia, Ini Jurusan yang Paling Banyak Diminati

- 12 Maret 2022, 13:18 WIB
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia /

 


JENDELA CIANJUR - Sebanyak 18.541 orang mendaftar ke Universitas Indonesia (UI) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Dari beberapa jurusan yang dipilih calon mahasiswa, ada beberapa jurusan yang paling favorit dan banyak dipilih.

Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, UI membuka kuota sebesar 20 persen untuk SNMPTN. Sementara, untuk jalur UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka dengan kuota 30 persen, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI dengan kuota 50 persen.

Baca Juga: Ini Besaran Kenaikan Tunjangan PNS Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat

"UI menyediakan 17.723 kursi untuk mahasiswa baru di jenjang Diploma 3 (D3), Sarjana Terapan (D4), Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor," ungkap Amelita dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu 12 Maret 2022.

Amelita mengatakan adanya peningkatan jumlah peserta yang mendaftar SNMPTN UI di 2022 dibanding tahun lalu. "Tahun lalu yang mendaftar berjumlah 18.541 orang sedangkan tahun sekarang 18.550 orang. Sedangkan, jumlah daya tampung SNMPTN 2022 sebesar 1.109 kursi," ungkap Amelita.

Beberapa jurusan favorit yang banyak dipilih, dikatakan Amelita tidak jauh dari data penerimaan SIMAK UI. "Jika melihat data pada tahun 2021 melalui jalur penerimaan SIMAK UI. Biasanya tidak berbeda jauh (dengan SNMPTN)," ungkapnya.

Baca Juga: Asyik! Pemerintah Naikan Tunjangan PNS Jabatan Ini

Beberapa jurusan tersebut antara lain di Program Saintek yakni Pendidikan Kedokteran, Arsitektur, dan Pendidikan Dokter Gigi.

Sedangkan untuk Program Soshum, jurusan yang banyak diambil adalah Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Administrasi Fiskal.

Halaman:

Editor: Prasetyo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x