34.472 Ekor Benih Bening Lobster (BBL) Senilai Rp3,9 Miliar Gagal Diselundupkan ke Singapura

- 12 September 2022, 12:20 WIB
Benih Bening Lobster.
Benih Bening Lobster. /Dok. kkp.go.id

 

JENDELA CIANJUR - Sebanyak 34.472 ekor benih bening lobster (BBL) senilai Rp3,9 miliar yang hendak dikirim ke Singapura melalui Bandara Soekarno Hatta berhasil digagalkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Polri.

 

"Terima kasih rekan-rekan Polri yang terus bersinergi, hingga kita ungkap penyelundupan BBL yang akan dikirim ke Singapura via Bandara Soetta," terang Kepala Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta Yuwono dalam keterangannya di Jakarta, Senin 12 September 2022.

Baca Juga: VIRAL Hacker Bjorka Terus Menebar Ancaman, Kali ini Sasarannya Bocorkan Data Luhut Binsar Pandjaitan

Modus yang digunakan para pelaku dalam menyelundupkan lobster ini terbilang baru. Pengemasan BBL menggunakan kantong plastik yang dipress dengan mesin khusus. BBL ini diletakkan ke dalam koper untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam kotak kayu. Berdasarkan data surat muatan udara (SMU) berisi muatan berupa lampu hias, dan SMU lainnya berupa benih lobster (Lobster Fry) yang dimulai pada Kamis 8 September 2022 pukul 23.00 WIB.

 

"Tidak seperti pada umumnya, pengemasan BBL dilakukan dengan kantong plastik tanpa pengikat karet, tapi ini pakai mesin press khusus. Ini termasuk modus yang baru," terangnya.

Baca Juga: Seperti ini Penampakan Museum Laverda Moto, Cek Isinya di Sini

Halaman:

Editor: Prasetyo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x